11 Oct 2008

Cerita Gunung kawi (1)

4



 Pesarean Gunung Kawi

Pesarean Gunung Kawi merupakan tempat Khol untuk memperingati wafatnya Mbah Soedjono yang dimakamkan di Gunung Kawi, di Kecamatan Wonosari, merupakan ziarah keluarga yang berangkat beriring dari sebuah masjid ke makam, yang kemudian diikuti oleh ribuan peziarah lain, sebagian besar datang dari luar Kabupaten Malang.

Mbah Imam Soedjono adalah salah satu dari 70 bangsawan yang ikut menentang penjajah di bawah pimpinan Pangeran Diponegoro di sekitar Yogyakarta antara tahun 1825 - 1830 ; sedangkan Mbah Djoego dengan makam disebelahnya adalah pendamping Mbah Soedjono di pedepokan Gunung Kawi dan seorang yang berjasa pada penduduk mengatasi penyakit ternak semasa hidupnya.

Selamatan dan pertunjukan wayang kulit selalu menyertai acara ini dan upacara serupa dalam bentuk sederhana juga diadakan dengan selang 5 minggu, yaitu pada hari wafatnya Mbah Djoego, menjelang hari Senen Pahing dan juga pada hari menjelang Legi, hari yang dipandang keramat oleh masyarakat Jawa Timur. 

Tanggal wafatnya adalah 12 Sura dan menurut kalender Saka (Jawa/Aboge) ziarahnya dilakukan pada sore hari sebelumnya pada pukul 16.00 sedangkan selamatannya pada pukul 19.00. Tahun wafatnya adalah 1876.

4 comments:

  1. karena blum pernah kesana.mksdnya ke gn kawi.jd ternyata di gn kawi tu ada mkm.Leluhur kita..yng saya dngar..klo ke.gn.kawi..orang mau..klo istilah di daerah saya mau muja ktanya...jadi klo orng..yng bertujuan muja itu apa sm.dngn..mau ziarah..atau memang ada lg selain pesrean gn.kawi........

    ReplyDelete
  2. jadi tahu neh ternyata di gunung kawi ada wali namanya mbah soedjono.....siiiip vie

    ReplyDelete
  3. Ada kuburannya mbah rupanya,... ada hubungan apa yah dengan mbah surip??

    ReplyDelete

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com