25 Oct 2008

cerbung_Kekasih Sejati_bag 1_Prolog

2

Prolog _bagian 1

Mungkinkah ada secuil kebahagiaan ketika kehampaan setia kucacah di ujung luka yang belum mengering. Hampa mengendus nelangsa dan selalu berakhir dalam genangan kecewa yang memuja sia-sia. Mengalis pilunya hati tanpa tahu kemana mesti mencari obatnya. Tergopoh dibilas sedu sedan tangis yang ingin segera kubasuh dengan senyum merona. Melibat pahit yang kau tinggalkan, menelaah hati baru yang mungkin datang menjelang. Siapa tahu, di suatu masa, kutemukan setitik cinta bersemi tanpa tanda tanya.
(diadaptasi dari buku Lovaholics)



 “SMA NEGERI SURABAYA”
 Terlihat jelas di depan sebuah bangunan, nama satu sekolah. Sekolah Negeri terkemuka di Surabaya, tempatku dulu belajar menggali ilmu saat SMA. Dimana aku membuat kenangan indah disini. Kata orang, masa SMA adalah masa paling indah. Dan ternyata, itu bukanlah isapan jempol, aku telah merasakannya sendiri, masa-masa SMA masa-masa yang penuh dengan kenangan indah.

 Dan kini semua itu hanyalah kenangan masa lalu yang gak pernah terlupakan. Kuinjakkan kakiku memasuki gedung sekolah itu. Lima tahun yang lalu aku menginjakkan kakiku dengan memakai seragam sekolah putih abu-abu sebagai seorang siswi SMA, tapi kini kuinjakkan kakiku sebagai seorang wanita.

 Kulangkahkan kakiku ke koridor sekolah ini, semuanya tetap sama seperti dulu, seperti saat aku baru memasuki sekolah ini.

 Aku teringat akan kenangan di sekolah ini yang gak pernah bisa kulupakan. Kenangan yang telah membawaku pergi jauh ke Negeri Tetangga.

 Saat itu, hari pertamaku masuk ke kelas dua. Sebenarnya males sekali untuk berangkat, secara hari pertama biasanya gak pernah ada yang seru kejadiannya, tapi dengan terpaksa aku pun berangkat ke sekolah.

 Sampai di sekolah, bel udah berbunyi. Dengan tergesa-gesa aku berlari ke koridor untuk masuk ke kelas. Tanpa disengaja, BRUK.....aku menabrak seseorang.

"Aduh....." jeritku

"Sorry-sorry…..kamu gak kenapa-kenapa kan?"

"Gak pa-pa kok, thanks." tanpa kupedulikan dia, aku langsung bangkit dan lari lagi supaya gak telat masuk kelas. Untung aja kelasku masih tetap sama kayak dulu, teman-temannya pun sama, jadinya gak perlu beradaptasi deh.

"Tumben Mon, kok mepet jamnya?" tanya Lisa teman sebangkuku.

"Oya nih, gak mood untuk masuk." jawabku sambil meletakkan tas di bangku sebelah Lisa.

"Duh…..yang kekurangan jatah libur nih."

"Hehehe…..bisa aja kamu."

"Ehem…ehem…." suara yang tak asing bagiku telah menyapa kami. Bu Ira, wali kelas kami sekaligus guru Bahasa Indonesia telah memasuki ruang kelas menuju singgasananya. Tapi tunggu dulu, ada yang beda hari ini. Bu Ira ditemani dengan seorang murid cowok yang sepertinya pernah kulihat.

"Anak-anak, hari ini kalian memiliki teman baru namanya Leksi, pindahan dari Jakarta. Baik-baiklah sama dia ya?"

"Iya Bu…." koar murid-murid.

"Leksi, silahkan kamu duduk di bangku sebelah situ." Bu Ira sambil menunjuk ke bangku sebelah kiriku yang memang kosong.

Heran, kenapa sepertinya aku pernah melihatnya, tapi dimana yach???

********************

"Eh Mon, kamu lihat anak baru tadi gak?" tanya Lisa disela-sela milih baju. Setelah pulang sekolah tadi, aku sama Lisa langsung pergi ke mall. Sebenarnya seh aku cuma ngantar Lisa buat belanja baju-baju.

 “Ehm, emang kenapa?" tanyaku balik tanpa peduli.

 "Menurut kamu, cakep gak seh?"

 "Wow….pertanyaanmu langsung menjurus nih. Gak tau ya Lis, I don’t care."

 "Mon, jangan gitu Napa! Sekali-kali dong kamu pentingin urusan cowok. Eh Mon, kaos ini cocok gak buat aku?" tanya Lisa sambil memamerkan kaos warna pink yang menurutku terlalu mencolok buat Lisa yang warna kulitnya sawo matang.

 "Emmm, mending jangan itu Lis. Ini aja deh, bagus kan? warnanya ijo. Kamu tampak lebih manis, warna ijo warna rocker juga loh. Hehehe…."

 "Kamu itu, pilihannya selalu warna ijo. Bajuku yang ijo itu udah banyak sayang….tapi gak pa-pa deh, kelihatan bagus juga. Sayang kalo’ disia-siakan."

 "Huuu….bilang aja kalo’ mau."

 "Hehehe…."

*********************

 "Met pagi.....Monita." sapaan yang sudah sangat kukenal keluar dari mulut Lisa. Asal tau aja Lisa ini temanku sejak kecil, secara aku adalah anak tunggal dan Lisalah satu-satunya teman yang akrab dengan keluargaku. Jadi, aku sangat mengenal semua gerak-gerik Lisa seperti pagi ini.

 "Manis sekali sapaanmu Lis, met pagi juga. Ada apa nih, apa tidak ada yang saya bantu??"

 "iih....kok gitu seh Mon, aku itu tulus banget lagi nyapa kamu."

 "Ooo....tulus toh, kirain ada apa?"

 "He...he...he....emang aku kelihatan banget kalo' ada apa-apanya gitu?" tanya Lisa lagi.

 "Banget deh...."

 "Ooo....gitu tah, kalo' gitu gak perlu basa-basi deh. Mon, pinjam PR Biologinya dong, abisnya aku belum ngerjain." pinta Lisa padaku.

 Aku hanya bisa tersenyum melihat gelagat temanku Lisa.

 "Kok senyum seh, mana Pe-eR nya??" kata Lisa sambil cemberut.

 "Tuch kan, makanya kalo' malam itu jangan sms-an doang. Nih PR-nya, dijamin 100% benar semua."

 "Yee....kalo' gak ikhlas gak usah deh, aku sms-an kan hak aku."

 "Duh....gitu aja ngambek. Butuh gak nih sama bukunya?" tawarku pada Lisa.

 "Iya deh, mana." sambil senyum Lisa membuka buku dan menyalin semua tulisan yang ada di bukuku ke bukunya. Ingat : semuanya disalin.

 'Hebat juga nih anak, semalem ngapain aja sampe' gak ngerjain PR Biologi yang soalnya sampe' 20 butir itu' pikirku. Tapi ya bukan Lisa namanya kalo' dia ngerjain PR. Beda dengan aku yang gak pernah gak ngerjain PR, emang seh aku dan Lisa berbeda dalam hal kepintaran. Bukannya sombong seh, tapi aku masih diatas Lisa dalam hal segalanya.

 Bel masuk telah berbunyi, semua anak-anak ramai-ramai memasuki kelas, termasuk Leksi anak baru itu. Benar juga kata Lisa, ternyata Leksi itu cakep juga kalo' diliatin tapi secakep-cakepnya dia, i don't care.

*********************

 "Aku pulang....!" teriakku saat memasuki pintu rumah. Bik Inah, pembokat setiaku udah siap di markasnya, mana lagi kalo' gak di dapur. Jangan tanya Mama-Papaku yach, mereka sibuk sekali. Biasalah seorang pebisnis, jarang banget di rumah. Temanku satu-satunya di rumah ya Bik Inah.

 "Masak apa nih bik? Harum bener." tanyaku sambil ngeloyor pergi ke dapur mengambil piring buat makan.

 "Aduh neng, ganti dulu gih. Cuci-cuci kaki dulu gitu, baru makan. Ini bibik lagi masak sop buntut, kesukaan Neng Monita." kata Bik Inah sambil nyiapin makanan di meja makan.

 "Iya deh bik....nanti aja, perutku udah keroncongan nih daritadi. Hmm.....apalagi sama sop buntut, gak bisa ditahan deh lapernya."

 "Aduh eneng, gak takut apa sama kuman-kumannya."

 "Udah deh bik....gak pa-pa, gak bakalan mati deh aku." kucomot ayam goreng buatan bik inah.

 Bik Inah hanya bisa pasrah melihatku yang dengan lahapnya memakan masakannya.

**********************

 Hari ini aku datang ke sekolah seperti biasanya, jam 6 pagi. Mungkin bagi kebanyakan siswa, jam segitu terlalu pagi untuk ke sekolah. Tapi bagiku yang gak punya teman di rumah, udah biasa aku datang jam segitu.

 Duk...duk....kudengar suara benturan dari benda keras, lebih tepatnya suara benturan dari bola basket dengan - apalagi kalau bukan - lapangan basket.

 Heran, jam segini siapa yang udah maen basket. Bukannya aku yang setiap hari selalu pertama kali menginjakkan kaki ke sekolah. Dengan amat sangat penasaran, kulangkahkan kakiku menuju lapangan basket. Tampaklah disini sesosok manusia berjenis kelamin Adam sedang sibuk men-dribel bola basket. Takjub juga aku melihatnya saat dia masukkan bola basketnya ke keranjang dengan gerakan dunk - menurut istilah pebasket seh, karena aku juga gak begitu tau tentang basket, itupun istilahnya aku ambil dari salah satu koleksi komikku "Slum Dunk" ^_^ -

 Plok...plok...plok....tanpa sadar tanganku bertepuk tangan untuknya. Dan si cowok itu, yang tidak salah-tidak bukan adalah si Leksi, cowok baru yang menurut si Lisa - sahabatku - cuakep itu.

 "Kenapa kamu disini!!!" bentak Leksi padaku.

 "Wow...wow....tunggu bentar dong. Kamu aneh, aku emang harus disini khan. I'm school in here, emang ini sekolah tempat nenek moyang kamu apa yang gak memperbolehkan aku disini. Lagian loh.....hei......"

 Tanpa mendengar kata-kataku, Leksi pergi begitu aja gak peduli dengan apa yang aku omongin.

 "Sombong banget seh jadi cowok, mentang-mentang dari Jakarta, belagu. Muke Lu jauh tuch...." teriakku di belakangnya.

 Namun, apa yang terjadi. Si Leksi tak bergeming sedikit pun, dia terus berjalan dan berjalan tanpa menoleh padaku yang terus meneriakinya sebagai cowok brengsek, nyebelin, belagu, angkuh, cowok sok de-el-el.

*************************

 "Ha...ha...ha....cuman gara-gara itu doang, kamu jadi senewen kayak gini." itu nasehat dari sahabatku Lisa, bisa dibilang bukan nasehat tapi ledekan.

 Setelah kuceritakan panjang lebar tentang kejadian tadi pagi, dia malah ketawa ngakak gak berhenti sampe' istirahat sekarang. Semoga semua lalat-lalat yang ada di kantin ini masuk ke mulutnya Lisa yang lagi ketawa gak berhenti-berhenti. Biar dia kapok, trus gak ngetawain lagi. Sebel banget, orang lagi curhat malah diketawain.

 "Puas ketawanya. Gimana seh kamu kok malah ngetawain."

 "Sorry-sorry. Udahlah gak usah diambil ati napa, namanya juga anak Jakarta, pasti bawaannya belagu-belagu." Nah ini baru dukungan buat aku yang lagi berduka - eits, berduka kenapa nih ^_^ -

 "Sebel banget tau gak, aku kan niatnya baik, tepuk tangan buat dia. Kok malah dia ngomongnya sengak gitu ke aku. Gak sopan banget tau gak."

 "Iya-iya....tau. Eh, udah bel mon. Masuk yuk....."

 Jam pelajaran hari ini sisanya tinggal sosiologi sama sejarah, tapi aku udah gak peduli lagi. Udah gak mood pikiranku gara-gara insiden pagi hari tadi. Terdengar ocehan Pak Lucius yang membahana menerangkan tentang Penyebab Kenakalan Remaja. Tak sadar, kulirik Leksi yang duduk di sebelah kiriku. Kelihatannya, dia juga tidak mendengarkan ceramahnya Pak Lucius, dia malah corat-coret di kertas kayak nulis sesuatu yang penting karna wajahnya tampak serius sekali.

 Leksi, ternyata benar kata Lisa. Dia cakep, iih....ami-amit deh. Kugeleng-gelengkan kepalaku untuk menghilangkan wajah Leksi dari bayanganku barusan. Jangan sampe' dech.....

bersambung

2 comments:

  1. Duuuuh kok nggak ada yang ngomeng.....nyepam wes neng...hehhehhe

    ReplyDelete

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com