28 Mar 2009

Apa iya Golongan Darah Menentukan Kepribadian?

24

Kemaren beli majalah lagi seperti biasa, tapi pas buka-buka *masih males buat bacanya* eh mataku langsung manancap clep di halaman yang judul artikelnya mempengaruhi aku untuk membacanya saat itu juga. Apalagi ada kata-kata jepang segala, akupun makin penasaran. Secara Jepang adalah Negara yang ingin sekali kudatangi.

Apa iya Golongan Darah Menentukan Kepribadian? Apa mungkin yak? Aku juga baru tau ini.
Artikelnya sech seperti ini :
(untuk pihak majalah bukan maksud daku untuk plagiat, aku hanya ingin membagi-bagikan pengetahuan yang aku sendiri masih belum tahu ini termasuk pengetahuan apa. *blethak*)

Di Jepang dan Korea serta beberapa negara Asia Timur lainnya, golongan darah bukan hanya dianggap penting dalam khasanah medis. Dalam pergaulan sehari-hari, orang Jepang dan Korea kerap menanyakan golongan darah orang lain untuk mengetahui sifatnya. Di Kedua Negara Asia Timur itu golongan darah nggak beda dengan astrologi di negara lain. Kalau mau mereka-reka sifat seseorang, mereka nggak akan bertanya, "Emang bintang kamu apa sih?", melainkan, "Eh golongan darah kamu apa?" Orang Jepang bisa kaget setengah mati kalau kamu menjawab bahwa kamu tidak tahu apa golongan darah kamu.

Di Korea dan terutama Jepang, golongan darah (ketsueki-gata) banyak dikupas oleh majalah dan buku. Tahun lalu, 4 dari 10 buku paling laris di Jepang membahas masalah golongan darah dan hubungannya dengan kepribadian. Tokoh komik dan karakter video game selalu dicocok-cocokkan dengan golongan darah. Seleb yang sedang digemari pasti ditanya mengenai golongan darahnya (yaitu A) di situsnya. Pemimpin kelompok oposisi Ichiro Ozama bergolongan darah B.

Untuk kegunaan sehari-hari, golongan darah juga menunjukkan pengaruh besar. Berbagai barang dijual berdasarkan golongan darah, dari minuman ringan sampai permen karet. Perjodohan dan penerimaan pegawai tidak lepas dari campur tangan golongan darah - meski bisa dianggap sebagai diskriminasi, manajemen masih saja menanyakan golongan darah pada calon karyawan. Pembagian kelas di sekolah kerap ditentukan berdasarkan golongan darah para siswanya. Tim softball cewek Jepang yang memenangkan medali emas di Olimpiade Beijing pun dipilih berdasarkan teori golongan darah agar seluruh tim nisa kompak.

Sejarah teori keterkaitan antara golongan darah dengan kepribadian manusia tidak diketahui dengan pasti. Pada tahun 1990, ilmuwan Austria Karl Landsteiner menemukan 4 golongan darah. Setelah penemuan itu beredarlah teori yang menggunakan golongan darah untuk memaksakan pemikiran mereka mengenai keunggulan ras tertentu dibandingkan ras-ras lainnya. Ilmuwan Nazi secara keliru mengelompokkan bangsa Asia sebagai makhluk inferior hanya karena kebanyakan orang Asia memiliki darah dengan golongan B yang mirip golongan darah hewan.

Pada tahun 1972, Takeji Furukawa, profesor Jepang, memperkenalkan sebuah teori pada masyarakat Jepang melalui makalahnya yang berjudul "The Study of Temperament Through Blood Type". Kendati Makalahnya tidak didukung bukti-bukti ilmiah yang kuat karena hanya melibatkan 10 sampai 20 responden, masyarakat Jepang menyambutnya dengan antusias. Pemerintah Jepang bahkan membiayai riset mengenai golongan darah agar bisa melahirkan serdadu yang tangguh. Nyatanya para prajurit yang "dikembangbiakkan" berdasarkan teori golongan darah tewas. Teori ini kemudian lenyap dan dibangkitkan kembali pada tahun 1970-an oleh Masahiko Nomi, pengacara tanpa latar belakang medis. Putranya, Toshikata, sekarang sangat giat mempromosikan teori golongan darah melalui grup pribadinya, Human Science ABO Center.

Tidak semua orang Jepang percaya teori golongan darah kok. Profesor Satoru Kikuchi dari Universitas Shinsu mengatakan, "Teori golongan darah adalah ilmu yang menyesatkan. Ide yang diusungnya mendorong kita untuk menilai orang lain berdasarkan golongan darah tanpa berusaha memahaminya sebagai manusia. ini sama saja dengan rasisme. Padahal golongan darah ditentukan oleh protein didalam darah dan tak ada kaitanyya dengan kepribadian kok."

Meski tidak memiliki bukti ilmiah, teori ini mungkin perlu juga kamu ketahui. Ya anggap cuman pengenalan ajah lah.

Kalau golongan darah kamu O
Kamu pasti senang gaul. Memang sih orang yang terlahir dengan golongan darah O kebanyakan ngetop dan pede. Kamu juga terkenal dengan kemampuan kreatif kamu. Nggak heran deh kalau kamu kerap menjadi pusat perhatian. Banyak orang yang terkesan dengan pembawaan kamu. Gimana enggak? Penampilan kamu selalu menarik. Selain itu kamu juga teratur dan berpendirian teguh. Kombinasi dua sifat itu sangat membantu kamu mencapai tujuan hidup yang kamu tetapkan. Kamu seorang pemimpin yang baik. dalam bidang cinta, kamu paling serasi dengan golongan darah O atau AB.

Golongan darah A
Dilihat sekilas, kamu terkesan tenang. Padahal didalam hati kamu merasa gelisah. Kamu adalah seorang perfeksionis dan acap kali pemalu dan sensitif. Kebanyakan orang bergolongan darah A bersifat ertutup. namun demikian kepribadian kamu stabil dan kamu bijaksana. Kamu adalah pendengar yang baik dan peka terhadap warna serta lingkungan sekitar. Sebisa mungkin kamu mengikuti tren dan bergaya sesuai tren yang sedang berlaku tanpa terlihat norak. Kamu suka suasana romantis dan suka menjauhkan diri dari kenyataan. Percintaan kamu akan langgeng jika kamu memilih pacar dengan golongan darah A atau AB.

Golongan Darah B
Umumnya orang bergolongan darah B punya target yang jelas dan sangat berambisi mewujudkan targetnya itu. Dengan sifat kamu yang terbuka dan menarik, kamu pintar membaca sifat orang dan senang memberikan dukungan pada teman. Kendati suka bersikap kritis terhadap penampilan orang lain, kamu bukan pemilih dan hampir tidak pernah meributkan hal-hal sepele. Orang dengan golongan darah B terkenal senang mengikuti dorongan hati dan suka menciptakan jalan hidup sendiri. Kamu sangat kuat dan optimistis. Untuk masalah asmara, paling cocok sih kamu berpasangan dengan orang dari golongan darah B atau Ab.

Golongan Darah AB
Tidak mengherankan bahwa kamu memiliki 2 sifat yang berlainan, mengingat kamu memiliki golongan darah A sekaligus B. Kamu mungkin pemalu, tapi juga terbuka. Peragu, sekaligus pede. Yang pasti kamu lebih menonjol dibandingkan orang lain. Kamu benci mengelompokkan orang. Orang mengenal kamu sebagai pribadi yang baik dan santai. Kamu sangat logis dan teguh melakukan segala sesuatu dengan benar. Selain bisa diandalkan, kamu juga suka menolong orang lain. Sering kali kamu bicara dengan serius. Kesabaran, konsentrasi, dan kecerdasan kamu sangat mengagumkan. Kamu bisa menemukan soulmate dalam semua golongan darah.

Jadi seperti itulah artikel yang ada, dan menurut saya sih tidak begitu pengaruh. Contohnya saya mempunyai golongan darah A *eh jangan disantet yak, hehehehe* Disitu dikatakan golongan darah orangnya perfeksinis dan acap kali pemalu dan sensitif. Jauh banget, say orangnya malah selebor, teledor, malu-maluin dan gak peka sama sekali dengan keadaan sekitar. Yah begitulah.......

Toh semuanya juga tergantung bagaimana anda menyikapinya.

(sumber : majalah Teen )

24 comments:

  1. gw golongan darah apa ya...???
    blum cek mpe sekarang... hhee..

    ReplyDelete
  2. wah ga salah tuh?? aku B tapi sifatnya lebih cenderung ke A deh! binun..

    ReplyDelete
  3. ada yg salah tuuh...masa gol A harus pacaran ama gol A jugah heheh...suamiku O kok hihihi...

    ReplyDelete
  4. Menilai Kbnaran teori ini Relatif, Tergantung Individu ybs. Kalo mnurutnya Cocok ya, pasti diyakini betul tapi gak, ya gak baklan percaya. Tapi mnrtutq jika cocok mngkin hanya sbh kbtulan, q sndiri gak yakin dengan Teori tsb...

    ReplyDelete
  5. Bener banget mbak, golongan darahku C, yg menunjukkan kepribadian yang Cakep.
    xixixixi

    ReplyDelete
  6. aku punya gol darah B. kira2 cocok gak sama sifatku, Vie?

    ReplyDelete
  7. Golongan darah aku gak tau....Belom pernah periksa seh.....

    Berarti kepribadianku gak jelas dunk...Hiks....

    ReplyDelete
  8. gol darah ku apa yah...? kayaknya z deh...soalnya suka ngantuk kalo abis maem hohoho zzz....

    ReplyDelete
  9. hoho~ pernah tak baca nih di kaskus.. sampe ada karikaturnya gitu lho.. ngakak waktu bacanya...
    biasanya kalo muncul yang baek-baek, tak benerin.. tapi kalo sifat jeleknya yang nongol, tak bilang ntu boong.. hihi..

    nambah : "goldar A, cenderung presisi kl naek kendaraan, en pantang melanggar peraturan"

    ReplyDelete
  10. mehehehe, seru juga nih vit,
    tapi bener kan ituh ? soalnya golongan darah gue ABc hahahaha ... kayaknya saya cocok untuk semua mahkluk hidup termasuk beruang :D

    ReplyDelete
  11. Itik tuh ada ya golongan darahnya??
    Oh ada denk golongan darah B = golongan darah biru
    jangan salah, bukan keturunan ningrat gitu
    tapi emang darahnya warna biru
    he,,he
    garing yak gw??

    ReplyDelete
  12. Hei bisa mampir ke blogku ga ? Please Traffik blogku mulai turun nih ! Dan tukeran link mau ga ?
    kelincex.blogspot.com
    maen juga yah ke blog baruku
    eregat.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. waaaahhh...
    apa ini dijamin ke benarannya mbak vie_three??
    hehehehehe...
    duuh...tp aku lupa ma golongan darahku..
    jd ga tau dech ramalannya T_T

    ReplyDelete
  14. banyak benernya sich.. tp saya pernah baca ini juga di majalah go girl nya pacar saya loe..

    ReplyDelete
  15. karena sedikit samaantara golongan darah AB saya dengan kepribadian saya, saya sedikit setuju

    he he he

    ReplyDelete
  16. eMm....lumayan bener seh ramalanya,
    golongan darah aku B,berarti aku harus nyari cewe yg golongan darahnya B atau AB y??
    berarti kalo mao deketin cewe aku harus tanya golongan darahnya dulu,biar cocok
    hehehehe >,<

    ReplyDelete
  17. ummm..nice posting ny..! i love it vie_three. aq pernah baca artikel tentang golongan darah malah di korea pernah difilm-in tentang cowok gol darah B, ktnya cowo dgn gol drh ini setia lho..aq sendiri golongan darah O. tp klo masalah jodoh mah..aq g percaya soalnya suamiku gol B. jd aq milih yng ada aja y hehehehe...

    ReplyDelete
  18. Waduhh,, aku O ..
    Tapi aku nggak ngetop, dan kadang nggak pede ..
    Setuju aja deh ma Prof. Satoru,, kita harus dipahami sebagai manusia..
    Gila aja, golongan darah kan cuma ada 4, masa tipe manusia juga cuma 4 ..??

    ReplyDelete
  19. aq golongan darah B alias Bangsawan ha...3x...

    ReplyDelete
  20. Hem aku golongan darah A dan kenyataannya emang gitu sih. Ada setengahnya bener, tapi ada juga ga aku setuju. Masak kalo aku mau pacaran harus nanya gol. darah dulu ckckck

    A:Bang gol. darah kamu apa
    B:gol. darah aku B sayang
    A:ok bang. kita putus!

    ReplyDelete
  21. Golongan Darah Saya A
    Setau saya golongan darah A cocoknya Sama golongan darah B loh -_- ko bisa A sama AB -_-

    ReplyDelete

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com