24 Dec 2009

I Got it

31

Yupz, aku mendapatkannya. Setelah sekian lama aku berkutat dengan dunia tulis menulis, akhirnya aku mendapatkannya. Beribu terima kasih tak lupa kuucapkan kepada Enchi (sang guru), Mbak Fanny (sang cerpenis), Bang Setiawan (komentator), Gek (komentator), Teh Tika (pembaca setia), Kang Sugeng dan buanyak dech yang suka ngasih-ngasih masukan.



Eits, tunggu dulu. Opo toh iki..... bingung semua kan? Begini, akhirnya aku mendapatkan gaya berceritaku. Dan tentu saja tak lepas dari kalian semua teman-teman blogger, karena teman-teman dunia nyataku gak terlalu merespons hobbyku ini. Selama ini aku selalu mencari jati diri, gaya penulisan dan banyak lah dari segi tulis menulis cerita fiksi tentunya. Dulu aku sering mati ide, tapi kini ide rasanya mengalir kayak air. Emang benr yach, kalau udah nemuin jati diri itu rasanya bebas banget untuk jadi diri sendiri. Yupz, aku pun juga begitu. Dulu aku selalu memaksa ide untuk datang, dan sekarang malah rasanya ide itu terus-terusan mengalir dalam denyut nadiku (halah).

Benar-benar terima kasih banget sama semuanya, utamanya sama enchi yang mau mengajariku secara tidak langsung. Tapi aku masih belum puas, aku masih punya obsesi yang besar. Namun gak ada salahnya kan kalau aku mengucapkan terima kasih yang banyak pada teman-teman blogger semua, itu adalah wujud rasa syukurku karena bisa mengenal teman-teman semuanya.

Bahkan saking banyaknya ide yang sudah tertuang jadi tulisan sampai-sampai aku memakai postingan terjadwal yang selama ini jarang banget aku gunakan fungsinya.

Ternyata patah tulang hati bisa memberiku banyak inspirasi buat cerita. Tapi aku masih ingin terus belajar. Terkadang kalau merenung aku berpikir apa aku salah memilih kuliah di jurusan Teknik Informatika ketika aku lebih suka membuat cerita-cerita fiksi, walau begitu juga aku harus terus melaju untuk jadi sarjana dan diiringi dengan terus menulis cerita. Kalau berpikir seperti ini aku jadi ingat sama puisi karya Ken Terate di novelnya yang berjudul Dokter, Pelukis & Si Plinplan.

Waktu kamu berumur tiga tahun
kamu bilang ingin jadi dokter
karena pernah terpesona pada jas putihnya.

Dua tahun kemudian
kamu ingin jadi guru
karena jatuh cinta pada guru TK-mu
yang bak pahlawan gagah penyelamat bumi.

Ketika kamu berumur 13 tahun
kamu tak ingin jadi apa-apa
karena kamu benci jadi dewasa.
Tapi dua tahun kemudian
kamu mati-matian ingin jadi penyanyi atau model pokoknya selebriti
Apapun yang membuatmu tampil di TV.

Tapi setahun kemudian kamu tahu
jadi selebriti tak selalu menyenangkan
dan kamu tahu kamu bisa hidup mewah dengan jadi pialang saham
Kamu juga tahu melindungi kera di hutan tropis
mungkin sangat memuaskan.

Setelah ulang tahun ke-18
muncul ketakutan-ketakutan
kamu akan gagal
selamanya tak menjadi apa-apa.

Suatu saat nanti,
bila kamu sudah 20 tahun
melamun di ruang kuliahmu
bertanya-tanya,
apakah kamu telah melewati jalan yang benar?
Mungkinkah memulai semua dari awal?

Waktu usiamu 30,
kamu tahu kamu mungkin salah melangkah
bekerja di hotel
ketika lebih suka memakai jins belel.

Suatu saat,
diantara usia belasanmu,
kamu khawatir tak pernah menemukan pujaan hati.

Tapi kamu salah,
karena sedetik kemudian kamu bertemu dengannya.
menatapnya kagum karena ia bagai dewa
Kamu ragu, apakah dia orang itu?

Tapi siapa peduli?
Siapa yang tahu kamu salah atau benar?
Siapa yang bisa memberitahumu
apa yang sebenarnya di ujung jalan sana
kalau bukan kamu yang berjalan diatasnya?

Tapi kamu salah lagi,
dia orang yang salah.
Dia bukan dewa
Kamu menyesal, kecewa, remuk.
Kamu takut akan salah untuk kesekian kalinya.

Tapi tak perlu, tak perlu kecil hati.
meski tahu tak bisa berbalik lagi.

Kamu tetap bisa berbelok, kamu selalu bisa berbelok.
Karena jalan selalu punya persimpangan meski entah kemana
Bila tak bisa mundur,
tak perlu takut,
kita selalu bisa berubah arah.

Yah, seperti itulah. Kadang aku berpikir apa jalan yang kutempuh ini salah, diusiaku yang 20 (yang kata orang masih terlalu muda, tapi menurutku sudah mulai tua) aku mulai takut aku salah langkah. Aku mengambil Teknik Informatika yang jelas-jelas aku lebih suka membuat cerita-cerita fiksi. Tapi yang jelas gak perlu takut, aku gak pernah takut kalau ceritaku nanti akan diolok-olok dan akhirnya sekarang aku - setidaknya - bisa menemukan gaya bertutur kataku dalam cerita, itu karena aku gak pernah takut untuk terus mencoba.

PS: Ini hanya ungkapan rasa syukurku karena sudah bisa menyalurkan bakat menulis yang selama ini kupendam rapat-rapat.

31 comments:

  1. heeh, intinya jalanilah dulu, nulis belum bsa dijadikan profesi kok mak, lalu kenapa harus dipaksa jadi utama jika kita masi mengambil dua *maruk*

    ReplyDelete
  2. huahuaha.. selamat libur mak,, ak ga libur panjang nih, sebelllll >.<

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah saya juga

    asyiiiiiiiiiiiik

    ReplyDelete
  4. horee...akhirnya kamu menemukannya, Vie. 20? masih muda lagii..jangan pernah merasa tua ya, say. contoh aku nih. hehehe..always feel young. gubrakk

    ReplyDelete
  5. saat ini usiaku 20
    mulai berfikir, tentang masa depan dan karir..
    alhamdulillah, bukan melamun lagi...
    hehehe :D

    ReplyDelete
  6. Syukurlah Fit... sudah menemukan gaya tersendiri,
    Semangat terus.... ditunggu karyanya.
    dan ingat untuk senantiasa mengutamakan study

    ReplyDelete
  7. Betul tuh non...! memang kayaknya kita harus selalu berani tuk mencoba...eh belum berangkat liburan...

    ReplyDelete
  8. Bakat dan minat memang harus disalurkan vie, agar kita temukan kebahagian tersendiri...

    ReplyDelete
  9. Mampir neng viethree stlah lama absen ke sini..

    Apa kbr nh? Lama2 saya lihat perkembangan blonya neng smkin bagus dan link2 ke dalam nya sdh mlai bermunculan di postingan..

    Keep Blogging

    ReplyDelete
  10. ayooo semngattttt vittt..
    kamu pasti bisa..uyeeeee...

    ReplyDelete
  11. Wah2.. senasib...

    Aku masuk SMK jurusan Teknik Komp Jaringan, tp lebih suka didunia web/ biasanya Multimedia...

    tp aku jalanin aja deh....
    moga2 aja kalo kuliah ambil web/ design.....

    ReplyDelete
  12. yangpenting kamu nggak migrasi ke kutub utara aja kalu cuma menghilang sebentar aja sih itu biasa

    ReplyDelete
  13. loh..loh..aku ketinggalan ceritanya ya vit??

    ReplyDelete
  14. hehee... yup betul bngt Vie kalo kita udah nemuin gaya, wuaaaa... nikmatnya luar biasa, kita menulis ndak perlu mikir lagi, semua akan flow like the river, hahaha....

    Just be your self my Sys...

    ReplyDelete
  15. Semoga suatu saat nanti dirimu yang sebagaimana adalah penggemar fanatiku akan kembali blog walking lagi... amin.

    ReplyDelete
  16. Yup! truslah berusaha Viet.. daku dukung dari belakang, heheh!
    Semangat! Ayo berjuang!!

    ReplyDelete
  17. sabar mbak..
    saya aja ngambil Teknik Industri malah mikir salah jalan ni..
    sempat kepikiran masuk STAN..
    duh...

    eniwei, puisinya bagus..
    "kita selalu bisa berubah arah.."

    ReplyDelete
  18. ngga apa-apa fit... aku juga masuk ekonomi padahal aku lebih suka seni... seperti menggambar atau menulis prosa, dan banyak hal lainnya.


    waduh bahas soal patah tulang.. hahahha merasa tersindir nih :p

    ReplyDelete
  19. haluuuuu mba pitri
    hehehehe baru sempet mampir nih
    2 minggu ada ujian semesteran, sekarang dah kelar
    so bisa jalan2 lagi...
    eh masi ada tugas bikin program rumah sakit, perbankan, ma penjualan ding....
    pulang dulu ya... mau mumpet lagi tha thaaa

    ReplyDelete
  20. wah aku juga lagi sibuk nih bikin tugas vb ma dephi
    mungkin pe tanggal 9 januari bisa BW lagi

    kunjungan pertama tempatnya mba vitri

    ReplyDelete
  21. Vie... ambil award di tempat saya ya...

    ReplyDelete
  22. TEknik dan seni, informatika dan menulis bsa berjalan beriringan kok Vit...

    ReplyDelete
  23. udah pede sekaraya ya non.. napa gak darui dulu aja

    ReplyDelete
  24. sy termasuk pengagum tulisannya veethree, simple dan chic. kita emang ngga pernah bener2 tau mana yg terbaik bwt qt Vit, yang paling penting adalah ikuti fatwa hati kita

    ReplyDelete
  25. These are all excellent posts. thanks for the links. You seem to be reading day and night looking for good stuff to post lol.

    ReplyDelete
  26. I have become a great fan of your blogs!!

    ReplyDelete
  27. Great and really wonderful. i found this site really awesome.

    ReplyDelete

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com